Status replikasi sering sekali jadi patokan kita pada saat troubleshooting masalah di active directory dan dalam torurial kali ini saya akan menjelaskan mengenai cara melihat status replikasi pada active directory secara ringkas dengan menggunakan script pada Power Shell.

Berikut adalah langkah-langkah untuk menggunakan script tersebut. Pada tutorial ini saya menggunakan Windows Server 2008, mungkin caranya tidak jauh berbeda pada saat dengan Windows Server 2012, Windows Server 2016 maupun yang terbaru yaitu Windows Server 2019.

Langkah pertama buka Power Shell yang ada di Taskbar, tidak perlu run as administrator dalam menjalankan powershell berikut ini

status replikasi

Kemudian ketik script dibawah ini pada power shell yang telah dibuka

Apabila statusnya berjalan dengan baik / healthy maka tampilannya tidak ada error di baris fails / total di summary kurang lebih tampilannya akan seperti ini :

Tapi apabila tampilannya mengalami masalah maka ada persentasi error seperti ini berarti replikasi tidak berjalan dibawah ini, dan terlihat juga sejak kapan masalah replikasi ini terjadi di baris largest delta, disitu terlihat sudah seja 43 hari 14 jam 1 menit

Biasanya network antar server terputus mengakibatkan sinkronisasi terputus, atau salah satu server hang.

Itulah cara check replikasi Active Directory. semoga artikel ini membantu dalam penggunaan sehari – hari untuk memastikan replikasi berjalan dengan baik.

Baca juga Cara Melihat Expired Password di AD (Active Directory) Menggunakan PowerShell

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *